18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik)

18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik) - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul 18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik), artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : 18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik)
link : 18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik)

Baca juga


18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik)

Tidur sudah umum diketahui adalah hal yang rutin dilakukan pada setiap harinya. Pada dasarnya malam hari adalah saat dimana yang paling utama untuk tidur.

Selain itu, kita juga dapat melakukan tidur siang, yang ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa disepelekan.

Bahkan tidur siang menjadi sebuah keharusan untuk mereka yang kesulitan melek di sore hari.

Manfaat Tidur Siang

Kebutuhan tubuh akan istirahat harus dipenuhi, sehingga tidur siang perlu dilakukan guna mengatasi masalah kurang tidur saat malam hari.

Akan tetapi, tidak sedikit orang-orang yang mengabaikan tentang tidur siang ini, padahal tidur siang hanha dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam.

Berikut di Bawah Ini Manfaat Tidur Siang:

1. Meningkatkan Mood (Suasana Hati)
Di dalam tubuh terdapat hormon serotonin, manfaatnya untuk memberikan rasa lega dalam jiwa dan  mengatur kestabilan suasana hati.

Kondisi tubuh yang kekurangan hormon serotonin mengakibatkan meningkatnya resiko stres dan sulit berpikir jernih.

Hal ini bisa juga menyebabkan seseorang beresiko mengalami rasa khawatir yang berlebihan, sulit konsnetrasi, mudah marah, timbul rasa cemas yang parah hingga depresi.

Seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa dengan melakukan tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotonin di otak.

Tidur siang yang dilakukan memberikan manfaat positif pada emosional jiwa yang menjadi stabil.

Disamping itu, setelah tidur siang maka tubuh akan merasakan kesegaran, hal ini dapat membantu untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

2. Mencegah Penyakit Jantung & Stroke
Seseorang yang berusaha untuk tidak tidur padahal sudah sangat mengantuk, maka umumnya akan mengalami jantung yang berdetak lebih kencang.

Kondisi seperti itu jika dibarengi dengan minum kopi atau konsumsi jenis minuman energi, dimana di dalamnya terkandung kafein maka dapat menimbulkan masalah yang serius pada organ jantung.

Melakukan tidur siang berguna untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Melakukan tidur siang hanya 30 menit saja sudah mampu mencegah penyakit jantung dan stroke yang cukup ampuh.

Dengan memberikan sedikit ‘space’ waktu Anda untuk tidur siang, manfaatnya tidak hanya menjadi tubuh segar dan fit, tetapi juga baik untuk kesehatan organ jantung.

Dari laman Kompas.com. Manfaat tidur siang ini sudah dijelaskan para peneliti, bahwa tidur siang memberikan pengaruh positif pada kestabilan tekanan darah. Peneliti memaparkan bahwa rutin tidur siang mampu menurunkan tekanan darah lebih rendah 4 persen.

dr Manolis Kallistrato, seorang ahli jantung dari Athena, menjelaskan walaupun penurunan tekanan darah tersebut tampak kecil, hanya saja perlu diketahui bahwa penurunan sekitar 2 mmHg saja pada tekanan darah sistolik, ternyata sudah mampu menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular hingga 10 persen.

Peneliti juga menjelaskan bahwa mereka yang rutin tidur siang ternyata mengalami resiko lebih rendah dari terkena masalah hipertensi, jantung dan arteri.

Sebuah hasil penelitian, yang melakukan analisa pada sebanyak 23.681 orang di Yunani yang tidak pernah terkena masalah jantung koroner, kanker dan stroke.

Hasilnya didapati bahwa orang-orang yang rutin tidur siang selama 30 menit setidaknya tiga kali dalam seminggu, mengalami resiko lebih rendah sebesar 37 % terkena penyakit jantung, dibandingkan orang-orang yang hampir tidak pernah tidur siang.

Hal yang perlu diketahui, bahwa sudah banyak penelitian yang dilakukan menemukan bahwa tidur siang hendaknya dilakukan selama 30 menit saja. Adapun durasi tidur siang yang lebih dari itu, malah akan membuat Anda susah untuk tidur di malam hari.

3. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Manfaat tidur ini tampaknya sangat berguna bagi mereka yang sudah memasuka masa lansia, dimana tidur siang bermanfaat bagi kemampuan daya ingat. Manfaat ini juga bermanfaat bagi mereka yang masih muda.

Termasuk tidur siang bermanfaat untuk anak-anak, karena bisa meningkatkan daya pikirnya dalam mengingat pelajaran dan juga lebih baik dalam menangkap pelajaran.

Pelajar yang membiasakan diri untuk tidur siang ternyata lebih baik kemampuannya dalam menyerap dan memahami informasi yang diberikan.

Peneliti lainnya mengungkapkan bahwa kemampuan dalam mengingat bisa lebih baik apabila seseorang mampu memiliki kualitas tidur yang baik, tenang dan nyenyak.

Beberapa penelitian sudah menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit saja sudah dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Dengan begitu, tidur siang baik untuk organ otak, bahkan sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan.

4. Mencegah Stress
Masalah stress ini adalah hal yang cukup serius, karena stres dapat menjadi pemicu meningkatnya penyakit berbahaya secara drastis, sebut saja penyakit seperti jantung.

Kondisi pikiran yang sering mengalami tegang, atau juga terlalu sering berpikir terlalu keras mengakibatkan masalah bagi organ otak, dan organ tubuh secara umum.

Anda bisa menghilangkan masalah stres ini secara ampuh, hanya dengan mencukupi kebutuan tidur, termasuk jalani juga tidur siang, maka hal ini sangat membantu untuk menghilangkan stres dalam sekejap.

Tidur siang sangat ampuh untuk menurunkan tingkat stress. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa hormon pemicu stress dapat menurun secara cepat, setelah menjalani tidur siang.

Peneliti juga menyebutkan bahwa tidur siang sangat penting, terutama bagi mereka yang kurang dalam durasi tidur malam.

Tidur siang yang dilakukan bisa membantu untuk menurunkan rasa tegang, sehingga Anda bisa lebih rileks nantinya dan juga dapat berpikir lebih jernih.

5. Meningkatkan Kewaspadaan Diri
Mata akan terasa berat biasanya saat siang hari, utamanya ketika sudah melakukan makan siang. Kondisi mengantuk ini mengakibatkan performa kerja akan menurun.

Oleh karena itu, disarankan untuk meniyiskan waktu barang sebentar untuk tidur siang, setelah itu barulah menjalankan pekerjaan atau aktivitas kembali.

Pada sebuah studi dari pihak NASA, menemukan bahwa melakukan tidur siang selama 40 menit mampu meningkatkan kewaspadaan diri hingga 100%.

Pada hasil penelitian lainnya, menyebutkan bahwa tidur selama 20 menit ternyata lebih mampu untuk meningkatkan kewaspadaan diri daripada konsumsi kafein sebanyak 200 mg ataupun olahraga.

Bahkan, pada aturan penerbangan, para pilot mendapatkan jatah untuk tidur siang selama 25 menit, dimana kendali pesawat saat itu sementaranya akan digantikan co-pilot. Peratuarn ini bertujuan agar pilot bisa lebih tercegah dari melakukan kesalahan dalam penerbangan.

Orang-orang yang menyisihkan waktu untuk tidur siang, apalagi jika di malam harinya kekurangan waktu tidur, nantinya bisa lebih baik dalam kemampuan kewaspadaan diri dan dapat meningkatkan stamina tubuhnya.

loading...

6. Meningkatkan Fungsi Indera
Sara Mednick C, yang merupakan seorang ilmuwan napologist menjelaskan bahwa tidur siang mampu meningkatkan kemampuan sensorik tubuh, bahkan katanya manfaatnya hampir sama besarnya dengan tidur malam. Tidur siang juga membantu orang agar lebih lebih berkreativitas.

7. Daya Tahan Tubuh Optimal
Orang-orang bekerja pada umumnya, apalagi yang diperkotaan, mereka akan bekerja dengan penuh tekanan selama delapan jam, kemudian akan mengalami macet sekitar 2 jam per hari.

Jam kerja selama delapan jam masih normal sebenarnya, hanya saja menghadapi macet yang terlalu lama maka bisa berdampak serius pada tubuh, dimana tubuh akan cenderung untuk kekurangan istirahat

Terlalu lelah mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Daya tahan tubuh yang melemah adalah masalah yang seirus, karena tubuh menjadi lebih rentan untuk terserang penyakit.

Pada jurnal SLEEP, dipublikasikan sebuah penelitian pada 2012, penelitian dengan melibatkan sebanyak 15 orang pemuda sehat. Mereka dilakukan pengecekan pada keadaan darah putih di dalam tubuhnya.

Pada minggu pertama dilakukan pengecekan pada darah mereka, darah diambil dalam keadaan mereka menjalani tidur cukup dalam sehari-harinya yaitu 8 jam.

Kemudian, mereka diminta untuk terjaga selama 29 jam, untuk kemudian dilakukan pengecekan pada darah mereka. Kemudian, dari dua bentuk pengecekan darah tersebut, maka dilakukan perbandingan.

Hasilnya, peneliti menemukan adanya bentuk perubahan yang sangat besar pada sel-sel granulosit darah. Granulosit merupakan sel pertahanan tubuh berfungsi untuk menghancurkan infeksi bakteri.

Rendahnya jumlah granulosit di dalam tubuh mengakibatkan tubuh akan mudah terkena infeksi penyakit.  Ketika kurang tidur, jumlah produksi sel-sel granulosit di dalam tubuh akan terhambat.

Berdasarkan penelitian ini, para peneliti menasehatkan agar benar-benar teratur dalam jadwal tidur. Hal ini lebih ditekankan lagi pada mereka yang bekerja dengan sistem shift pagi-malam.

Tidur siang sangat penting untuk memberikan hak yang cukup bagi tubuh untuk bersitirahat. Dengan kebutuhan tubuh untuk tidur yang cukup bisa terpenuhi dengan baik, maka daya tahan tubuh akan menjadi kuat dalam menangkal serangan penyakit.

8. Meningkatkan Produktivitas
Tidur dapat meningkatkan produktivitas kerja, mungkin Anda bertanya-tanya tentang hal ini, “Bagaimana bisa tidur membuat hasil kerja bisa meningkat?”

Memang, tidur akan mengurangi waktu kerja, hanya saja yang perlu diketahui bahwa ketika tubuh sudah lelah, jika dipaksakan untuk terus bekerja justru hasil pekerjaan menjadi tidak baik, dan peforma kerja-pun akan menurun dan lambat.

Dengan tidur siang, maka tubuh pun kembali pulih, fresh dan segar. Sehingga peforma kerja nantinya bisa meningkatkan drastis, dan mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat, serta kualitas kerja-pun meningkat.

Tidur siang juga meningkatkan kemampuan motorik dan tingkat kewaspadaan sehingga Anda pun akan bisa lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas padat seharian.

Banyak perusahaan besar yang ternyata sudah menerapkan aturan bahwa karyawan harus tidur siang, bahkan disediakan tempat atau ruangan khusus untuk beristirahat sejenak di siang hari. Seperti perusaaan Zappos, Google, Uber, Capital One Labs, PwC dan Ben & Jerry’s.

9. Mencegah Makan Berlebihan
Umumnya setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan maka tubuh akan memberikan sinyal untuk Anda agar mengonsumsi makanan, hal ini wajar.

Saat sore hari, umumnya pekerja akan mengonsumsi makanan manis, makanan berlemak, minuman energi, kopi atau lainnya, hal ini dilakukan agar tubuh bisa tetap terjaga.

Mengonsumsi makanan berlemak ataupun makanan manis akan membuat gula darah menjadi meningkat. Demikian juga mengonsumsi banyak makanan berlemak akan menimbulkan dampak negatif.

Anda bisa meminimalisir nafsu makan yang berlebihan dengan cara tidur sejenak di siang hari, bisa itu selama 15 menit ataupun 30 menit.

Dengan tidur siang maka Anda bisa lebih konsentrasi, jiwa menjadi lebih bersemangat dan kantuk menghilang, hal ini bisa mencegah Anda berlebihan dalam mengonsumsi makanan, terutama makanan yang tinggi lemak dan gula.

Pada studi yang dipublikasikan pada jurnal SLEEP, menemukan bahwa kurang tidur berakibat pada meningkatnya  keinginan untuk konsumsi junk food.

Studi lainnya yang terdapat pada Proceedings of the National Academy of Sciences, studi tersebut menunjukan bahwa kekurangan waktu tidur selama beberapa jam memberikan dampak berupa meningkatnya berat badan.

10. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Tidur siang dapat membuat tubuh lebih bugar. Pada studi yang dilakukan oleh pihak dari Stanford University, hasilnya menunjukan bahwa para atlet yang melakukan tidur siang ternyata memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa para atlet yang kurang dalam memenuhi kebutuhan tidur mereka, ternyata lebih lama untuk bisa pulih dari latihan mereka, bahkan mereka cenderng memiliki pikiran dan suasana hati yang kacau.

11. Meningkatkan Kreativitas
Mengistirahatkan tubuh dan pikiran sangat baik untuk kebugaran tubuh dan juga membuat seorang bisa lebih kreatif dalam berpikir.

Pata ahli menjelaskan bahwa mereka yang memiliki kreativitas dan imajinatif tinggi adalah orang-orang yang memiliki kualitas tidur malam yang baik.

Para ahli juga menjelaskan bahwa tidur siang bisa membantu seseorang memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mampu menelurkan inovasi yang luar biasa nantinya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Annual Meeting of Neuroscientists, bahwa otak kanan berfungsi untuk menjaga kemampuan kreativitas seseorang.

Bagian otak kanan untuk kemampuan keativitas ini bisa untuk lebih aktif dan tajam ketika seseorang melakukan tidur siang.

Mengenai hasil penelitian tersebut, peneliti menjelaskan bahwa hal ini menjadi penyebab mengapa seseorang lebih mudah untuk menemukan solusi atas suatu problem setelah dirinya melakukan tidur siang.

12. Seringkali setelah bekerja berat seharian maka bisa memicu timbulnya emosi, seringkali yang menjadi ‘korban’ adalah anak-anak, karena kesalahan orang tua sendiri yang buruk dalam manajemen emosi jiwa. Dengan tidur siang maka dapat menghilangkan perasaan ingin marah, dan hubungan dengan anak-pun bisa berjalan dengan baik.

13. Tidur singkat (15 menit) cocok dilakukan bagi orang-orang yang bekerja di kantor. Gunakan alarm di ponsel untuk menghindari Anda tidur terlalu lama dan dalam. Tidur siang yang singkat di kantor bisa membuat otak lebih fresh dan tubuh juga lebih bersemangat lagi.

14. Tidur siang selama 90 menit dilakukan bagi Anda yang begadang di malam hari. Kurangnya tidur di waktu malam membuat Anda akan lebih rentan untuk mengalami kondisi yang emosional. Tubuh akan lebih segar dan emosi terkontrol setelah tidur siang.

15. Untuk orang-orang yang cukup lama beraktivitas di depan komputer, maka disarankan untuk melakukan tidur siang, hal ini penting untuk menjaga kesehatan mata, agar terhindar dari masalah dan penyakit mata yang tidak diinginkan.

16. Tidur bisa membuat Anda lebih jenius. Sebuah tim neuropsychologists Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah belajar sesuatu, bisa membuat Anda mampu mengingatnya dengan lebih baik hingga lima kali lipat. Tidur siang akan menyeimbangkan bahan kimia di dalam otak.

17. Jika Anda sering bedebat dan hubungan mengalami masalah dengan pasangan Anda, maka coba cek kebiasaan tidur Anda. Penelitian dari University of California, menemukan bahwa dengan satu malam saja kurang tidur bisa membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi buruk. Kurang tidur, membuat Anda tidak mampu membaca emosi pasangan Anda, sehingga memicu pertikaian.

18. Balita dan anak kecil sangatlah harus untuk melakukan tidur siang, untuk membantunya memiliki energi guna di masa pertumbuhannya. Orang tua perlu memperhatikan dengan baik jam tidur siang anak, supaya jam tidur malamnya tidak terganggu. 

Tips Tidur Siang Yang Baik
Tidur siang penting untuk dilakukan, hanya saja jangan berlebihan durasi tidur siangnya, karena bukannya manfaat yang didapatkan justru malah masalah kesehatan.

Tidur siang yang disarankan adalah selama 20-30 menit, adapun jika Anda dalam masa-masa begadang di malam hari maka Anda bisa tidur siang selama 90 menit.

Usahakan tidur siang jangan mendekati sore hari, disarankan tidur siang pada jam 1 siang, yaitu setelah shalat zuhur.

Di dekat waktu-waktu tidur siang, sementara jangan mengkonsumsi kafein dan makanan tinggi lemak, karena beresiko bisa menurunkan manfaat dari tidur siang Anda.

Sebenarnya, Anda bisa tidur siang sebelum makan siang ataupun setelah makan siang. Tinggal Anda memiliki mana yang paling cocok dengan Anda.

Usahakan untuk tidur siang di tempat yang minim cahaya. Dan sebelum tidur siang maka jangan lupa mengatur alarm seperti 15 menit atau 30 menit, agar tidak tidur terlalu lama dan dalam.

Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, maka tidur selama 10 menit pun tidak masalah. Pada tahun 2002, sebuah studi menemukan bahwa tidur siang selama 10 menit mampu mengembalikan stamina penuh kembali sedia kala.

Referensi dari laman Menshealth.com dan lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »