Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya

Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya , artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel News, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya
link : Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya

Baca juga


Inilah Pengertian Android Beserta Versi-versinya

Apasih Android itu, bagaimana sih bentuk android itu ? mungkin pertanyaan itu sering muncul di benak kita, terutama yang dulunya belum mengenal android atau masih mencari tau tantang android. Baiklah disini Admin akan sharing sedikit tentang Android. Android adalah sebuah nama sistem operasi pada suata gadget, seperti Smartphone, tablet, dan telephone lainnya. Android juga merupakan sistem operasi untuk Smartphone yang berbasis Linux.

Kenapa sih simbol android berbentuk robot ? Simbol Android sendiri menyerupai robot berwarna hijau dengan dua antena dikepalanya. Ini melambangkan bahwa android merupakan simbol  dari sistem operasi kelas atas gadget dan smartphone. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Smartphone pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Setelah mengetahui sekilas pengertian android dan juga mengapa di beri simbol robot, kurang lengkap rrasanya jika Anda tidak tahu versi-versi yang ada pada andoid. Android terus-menerus mengalami perubahan dan tentunya perubahan yang di hasilkan semakin meningkatkan kinerjanya dan juga modern, berikut ulasan tentang versi-versi Android.


Versi-versi Android:
  • Android Versi 1.0 Apple Pie
    Versi ini dirilis pada 23 September 2008 dan pertama kali disematkan di HTC Dream (T-Mobile G1) pada bulan selanjutnya, Oktober 2008. Versi ini adalah versi rilis yang paten namun tidak dikomersialkan (Pre-Commersial Release). 
  • Android versi 1.1 (Banana Bread)
    Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
    Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Konon katanya versi android cupcake seharusnya versi 1.2, namun Google telah memutuskan untuk membuat revisi yang besar serta membuatnya menjadi versi 1.5. Cupcake adalah kue yang berbentuk kecil dan dipanggang dalam cetakan berbentuk cup.
  • Android versi 1.6 (Donut)
    Android 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009. pada versi ini telah diperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan pada fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan makanan yang berbentuk cincin.
  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
    Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
  • Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
    Android 2.2 Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
  • Android versi 2.3 (Gingerbread)
    Android 2.3 Gingerbread dirilis pada tanggal 6 December 2010. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  • Android versi 3.0 (Honeycomb)
    Android 3.0 Honeycomb dirilis pada tanggal 22 February 2011. Android 3.0 adalah versi yg secara khusus dioptimalkan untuk gadget dengan layar lebar, khususnya, dan yaitu tablet. Dalam versi ini diperkenalkan desain UI yang baru, virtual dan holografis tapi juga elegan dengan model interaksi memfokuskan pada konten.
  • Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
    Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Android ICS menawarkan banyak peningkatan dari apa yg sudah ada di Gingerbread dan Honeycomb dengan pada saat yang sama memberikan inovasi-inovasi baru. Android 4.0 Ice Cream Sandwich System Bar dan Action Bar, adanya Android 4.0 Ice Cream Sandwich voice control yang memungkinkan kita mendikte teks yang ingin kita ketik. Selain itu Face Unlock merupakan salah satu hal yang menonjol di Android versi baru ini. Juga ada NFC based app yang disebut Android Bump, yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi/data hanya dengan menyentuhkan gadget kita.
  • Android versi 4.1, 4.2, 4.3 (Jelly Bean)
    Android 4.1 Jelly Bean dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Beberapa pengembangan yang ditawarkan ada pada performance (atau Project Butter), home screen management yang lebih cerdas, input dan accesibility, camera, android beam, notification, dan google now. Pengembangan home screen management yang lebih cerdas membuat pemindahan widgets dan apps di homescreen menjadi jauh lebih mudah. widget dapat di-resize secara otomatis ketika kita memindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Android versi 4.4 (Kit Kat)
    Android 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. Itu kata Google tentang Android 4.4 Kit Kat. Dengan desain yang lebih cantik, performance yang makin ciamik, dan banyak fitur baru nan menarik, akan membuat dominasi Android makin tak tersentuh di jagad smartphone.
  • Android versi 5.0 (Lollipop)
    Android 5.0 Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014. Android Lollipop dibandingkan Android Kitkat maupun Android Jelly Bean adalah sudah mendukung processor 64 Bit dan Ram 4GB secara optimal, sehingga peformanya akan lebih cepat dan lebih responsif. Selain itu daya tahan baterai Hp Android Lollipop juga jauh lebih irit dibandingkan Hp Android Kitkat, jadi sangat cocok bagi sobat hariandgadget yang gemar bermain game dan menonton video. 
    • Android versi 6.0 (Marshmallow)
      Android versi 6.0 Marshmallow dirilis pada tanggal akhir tahun 2015. Android Marshmallow ini, memberikan baterai yang lebih hemat saat smartphone tidak digunakan. Ini harusnya sangat menguntungkan pengguna yang sering mengeluh bahwa baterai mereka lebih cepat habis padahal smartphone hanya didiamkan atau tidak digunakan. Untuk pengguna yang sudah menggunakan mengaku bahwa baterai smartphone mereka bisa lebih hemat hingga 50 %. Dewasa ini Android telah mendukung keamanan Fingerprint secara natif. Fingerprint ini dapat digunakan untuk Unlocking smartphone, Android pay atau aplikasi lainnya yang mendukung fitur ini. Perlu dicantumkan bahwa Fingerprint sensor ini telah didukung secara penuh oleh Android.
    Demikian sekilas pengertian Android dan beserta versi-versinya. terimakasih... 

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »