Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul Manfaat Petai Bagi Kesehatan, artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : Manfaat Petai Bagi Kesehatan
link : Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Baca juga


Manfaat Petai Bagi Kesehatan

manfaat petai bagi kesehatan

manfaat petai bagi kesehatan

Manfaat Petai bagi kesehatan ternyata banyak dan beragam. 


Petai sendiri sebenarnya termasuk dalam kategori buah. 

Kali ini kita akan bahas bersama beragam Kegunaan petai untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui.

Buah dengan berwarna hijau dengan nama latin Parkia speciosa ini, selain kaya khasiat juga mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Disisi lain petai punya banyak penggemar, bagi para penggemar petai tidak lengkap rasanya makan tanpa didampingi si hijau petai. 

Tetapi banyak pula yang tidak suka memakannya bahkan sampai merasa jijik karena aromanya petai yang menyengat. Meskipun begitu, khasiat petai bagi kesehatan perlu dipertimbangkan terlepas dari kekurangannya.

Tau kah anda, jika aroma yang tidak sedap pada biji petai berasal dari unsur sulfur dalam asam amino yang terkandung di setiap bijinya.

Kandungan itulah yang membuat biji petai menghasilkan bau menyengat dan tidak sedap. 

Meskipun begitu, petai nyatanya punya banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

Kali ini kita tidak akan membahas kekurangan dari si hijau ini. 

Mari kita telusuri bersama manfaat petai khususnya untuk kesehatan. 


Berikut rangkumkan manfaat petai bagi kesehatan anda!



Manfaat Petai Bagi Kesehatan Wanita Yang Sedang PMS



Pasangan anda suka marah-marah tampa tahu sebabnya apa, mungkin dia sedang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome). 

Umumnya ketika PMS si dia akan mengalami kram perut, hilang mood dan emosi menjadi naik turun. 

Jika dia penggemar petai sarankan agar mengonsumsi si hijau ini. Manfaat petai bagi kesehatan yang sedang PMS bagus untuk kesehatan.

Zat tryptophan dan juga vitamin B yang terkandung pada biji petai  berfungsi mengatur kadar gula darah dan juga dipercaya mampu membantu menstabilkan mood dan mengurangi depresi.

Boleh dicoba jika muncul gejala marah-marah dan mood si dia yang naik turun, coba manfaat petai diatas.


Petai Memiliki Manfaat Kesehatan Dalam Mencegah Anemia


Petai bermanfaat untuk mencegah anemia. 
Anemia adalah kondisi dimana anda kekurangan sel darah merah. Dengan manfaat petai gejala anemia seperti 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai dan lemas), dapat diatasi. 

Gejala lain seperti tubuh anda terasa kurang bertenaga ataupun anda merasa mudah terserang penyakit ringan juga dapat dicegah dengan mengonsumsi petai.

Ketika anemia melanda, aktifitas anda sehari-hari akan terganggu. Dalam melakukan pekerjaan tidak dapat optimal, akibatnya pekerjaan yang biasanya dapat anda selesaikan dengan mudah dan cepat akan terbengkalai bahkan tidak selesai. 

Salah satu manfaat petai kali ini untuk kesehatan anda ternyata petai sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan adanya manfaat kandungan zat besi yang tinggi yang terkandung dalam buah petai dapat menghalau anemia dan menjaga stamina. Manfaat petai membuat anda tetap lancar dalam beraktifitas.



Kulit Bijinya Petai Memiliki Manfaat Dapat Menghilangkan Gatal Karena Gigitan Nyamuk



Serangga yang satu ini hampir setiap hari kita jumpai. Gangguan gigitan serangga mungil ini terasa gatal dan menganggu. 

Tapi bisa kok diatasi dengan manfaat yang terdapat pada petai. Tetapi bukan buahnya atau isi bijinya yang kali ini dipakai, tetapi kulit petai yang kita manfaatkan. 

Jangan heran ya, manfaat petai juga ada di kulitnya. Kulit pada biji petai mampu mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Cara penggunaannya mudah. Cukup ambil kulit pada biji petai, kemudian usapkan dan gosokkan pada kulit yang digigit untuk mengurangi rasa gatal. Mudah bukan


Jaga Kesehatan Lambungmu Dengan Manfaat Petai.



Diwarung-warung atau restoran petai kadang disajikan mentah bersamaan dengan batangnya atau sudah dibakar kemudian disajikan.

Tetapi meskipun dimakan mentah-mentah petai tidak menimbulkan pengaruh buruk bagi lambung. 

Buah Petai justru sangat bermanfaat bagi lambung kita ketika dikonsumsi.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung, anda tidak perlu ragu lagi. Dengan mengonsumsi petai asam lambung dapat dinetralisir dengan baik dan petai juga bermanfaat mengurangi terjadinya iritasi serta luka di dalam lambung.


Petai Bermanfaat Untuk Anda Yang Ingin Berhenti Merokok.



Kebiasaan yang satu ini membutuhkan niat kuat agar bisa dihentikan. 

Ya, merokok selain banyak memiliki pengaruh buruk juga sangat sulit dihentikan karena umumnya para perokok merasa kecanduan dan tak bisa jauh-jauh dari lintingan tembakau ini.

Dalam petai terdapat kandungan kalium, vitamin B6, vitamin B12, serta magnesium yang bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok. 

Manfaatkan petai untuk mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh anda.

Dengan gaya hidup lebih sehat maka kesehatan tentunya tetap terjaga.


Biji Petai Yang Kaya Antioksidan, Memiliki Mafaat Bagi Kesehatan.



Manfaat petai selanjutnya adalah membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan yang tinggi dalam petai menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh kita.

Selain itu, antioksidan juga membantu :


  • Maningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjangkit berbagai macam penyakit
  • Baik untuk menjaga kesehatan tubuh



Manfaat Petai Untuk Mengatasi Sariawan dan Ganguan Kesehatan



Meskipun kandungan vitamin C dalam petai tidak setinggi buah-buah lain yang rasanya asam seperti halnya jeruk dan apel.

Tapi manfaat petai bagi kesehatan tetap bisa membantu mencukupi kebutuhan Vitamin C sehari-hari.


Dengan tercukupinya kebutuhan Vitamin C di dalam tubuh maka kondisi badan tetap fit dan dapat mencegah terserang penyakit.

Manfaat petai yang mengandung vitamin c juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit mulut seperti sariawan, gusi berdarah dan infeksi.


Petai Memikiki Manfaat bagi Kesehatan Pencernaan



Makanan yang kaya serat bermanfaat mencegah terjadinya permasalahan pencernaan. Biji petai ternyata tinggi serat bisa mengatasi keluhan bagi yang mengalami gangguan kesehatan pencernaan.

Masalah gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, sulit BAB, nyeri perut, mulas dan begah mampu di atasi si hijau mungil ini.


Manfaat Petai Untuk Mencegah Stroke



Menurut dilansir dalam The New England Journal of Medicine, makan petai sebagai selingan dalam makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena penyakit serangan stroke sampai 40 %. Luar biasa bukan?

Di luar perkiraan manfaat petai sebagai variasi dari menu makanan pokok ternyata mengandung banyak sekali manfaat yang tidak kita sangka.



Dari semua penjelasan diatas mengenai manfaat petai bagi kesehatan, mengonsumsi petai mengatasi beberapa gangguan kesehatan dan memiliki beragam manfaat.

Meskipun demikian, semua hal yang berlebihan itu tidak baik menurut. Konsumsilah dengan batasan dan tidak berlebihan ya.

Jangan makan petai apalagi bila  anda berencana bertandang ke rumah calon mertua atau meeting dengan klien kantor.


Baunya yang menyengat pastinya cukup mengganggu orang-orang di sekitar anda. Jadi, tetaplah jaga bau mulut ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »