28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda

28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul 28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda, artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Lifestyle, Artikel Psikologi, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : 28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda
link : 28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda

Baca juga


28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Anda

Terkadang muncul rasa jenuh dalam bekerja, hal seperti ini sebenarnya dialami oleh setiap orang. Melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu lama akan memunculkan kejenuhan dan rasa tidak bersemangat.

Sehingga, motivasi kerja yang menurun dalam satu waktu bisa dibilang hal yang masih wajar dialami oleh orang-orang yang secara terus menerus memiliki rutinitas pekerjaan yang sama.

Selain itu, memang diakui terdapat berbagai hal yang bisa mengakibatkan hilangnya semangat dalam bekerja. Hal-hal seperti ini perlu diatasi dan diminimalisir dampak buruknya.

Semangat kerja yang lemah akan berdampak buruk pada produktifitas dan kualitas kerja, hal ini tentu tidak baik. Oleh karena itu meningkatkan semangat kerja adalah hal yang penting, agar seseorang bisa menggapai kesuksesan.

Semangat Kerja

Cara Meningkatkan Semangat Kerja

1. Jadilah Orang Yang Memiliki Kreativitas Tinggi
Kunci kesuksesan dan cara ampuh agar memiliki semangat kerja tinggi adalah dengan menjadi orang yang berkreatif tinggi.

Melatih diri agar bisa kreatif maka nantinya Anda bisa dengan mudah untuk memunculkan ide-ide cemerlang, yang nantinya bisa membuat semangat kerja Anda menjadi meningkat drastis.

Agar tidak jenuh dalam pekerjaan maka kondisikan agar Anda bisa selalu semangat, kretif-lah dalam memunculkan ide-ide di pekerjaan atau aktivitas Anda, sehingga Anda bisa menjadi lebih bersemangat karenanya.

Selain itu, pekerjaan yang Anda miliki jadikanlah sebagai tantangan bukan suatu beban. Dengan begitu, berusahalah agar menjadi orang yang super kreatif, maka Anda bisa selalu bergembira dalam bekerja dan beraktivitas.

Agar bisa menjadi orang kreatif, maka perbarui dan tingkatkan pengalaman Anda, serta tingkatkan kemampuan Anda agar selalu relevan dengan perubahan zaman.

Anda bisa sering-sering mengikuti kursus atau pelatihan bermanfaat. Pilihlah kursus yang sesuai dengan bidang Anda.

Hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda agar bisa kreatif:
  • Meja kerja yang rapi.
  • Cobalah dalam menulis catatan dengan menggunakan spidol warna-warni, hal ini supaya pikiran tidak cepat jenuh dan agar mata tidak cepat lelah.
  • Buatlah atau tempelkan foto, motto atau hiasan di dinding yang dapat bermanfaat agar Anda lebih semangat dan percaya diri.
  • Buatlah perpustakaan mini di rumah, hal ini mungkin bisa menambah minat baca Anda, sehingga Anda nantinya memiliki wawasan luas.
  • Jadilah orang yang terbuka, sehingga Anda akan menjadi orang yang suka mempertimbangkan ide-ide baru dengan serius.
  • Biarkan ketika kritik menghujani Anda. Jadilah orang yang rendah hati dan belajar dari orang lain. Dengan menerima kritik, artinya hal ini bagus agar Anda bisa meningkatkan kualitas diri, serta mengatasi kesalahan-kesalahan selama ini.
  • Berkolaborasi-lah, dimana dengan mencoba bekerja sama dengan orang lain maka hal ini bisa meningkatkan skill dan pengalaman Anda. 
  • Jangan terlalu takut berbuat kesalahan. Hal itu karena ide baru dan kreatifitas terkadang keluar dari sebuah kesalahan.

Hal-hal lainnya yang perlu dilakukan, yaitu beristirahat sejenak ketika Anda merasa lelah dan jenuh. Anda jangan memaksakan diri mengerjakan tugas atau pekerjaan ketika pikiran sudah mumet dan sulit berkonsentrasi.

Beristirahat sejenak berguna agar pikiran bisa fresh, dan juga bisa membuat Anda bisa lebih kreatif ketika pikiran fresh.

2. Renungan Tentang Tujuan Anda bekerja
Ketika semangat kerja benar-benar lemah, maka cobalah merenungkan dan mengingat apa tujuan Anda bekerja. Jika Anda telah berkeluarga, tentunya tujuan utama dari lelahnya Anda dalam bekerja yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan membahagiakannya.

Sehingga selalu ingat hal ini, jangan kecewakan mereka dengan rasa malas Anda dalam bekerja. Anda harus memperlihatkan bahwa Anda semangat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Sejauh mana semangat Anda, maka hal ini akan membekas di pikiran bawah sadar anggota keluarga Anda. Terutama Anak-anak yang menjadikan Anda sosok teladan.


3. Milikilah Target dalam Hidup dan Pekerjaan Anda
Dengan mempunyai target yang jelas dalam pekerjaan, maka hal ini menjadi pendorong bagi Anda agar bekerja dengan selalu semangat. Dengan adanya target maka Anda akan berusaha untuk mencapainya.

Namun, jangan juga membuat target yang muluk-muluk, tentunya target yang dibuat harus sesuai dengan kemampuan diri. Adanya target akan mengontrol diri Anda agar selalu semangat dalam bekerja.

Nah, setelah target berhasil tercapai, ternyata hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat lagi. Ingat, jangan buat target yang berlebihan atau di luar kemampuan.

4. Kondisikan Suasana Kerja Yang Menyenangkan
Memang, dunia kerja itu tidak seindah yang dibayangkan, dimana dalam satu hari berkisar antara 8 sampai 10 jam karyawan akan bergelut dengan berbagai macam tugas.

Suatu saat pasti para karyawan akan mulai merasakan kejenuhan, serta menyebabkan menurunnya semangat berkerja.

Tentunya kita sangat menginginkan semangat tinggi dan suasana yang nyaman di tempat kerja. Para pekerja sebenarnya ingin kondisi yang nyaman, menyenagkan, dan atasan membaur dengan bawahan dalam keadaan yang harmonis.

Sangat penting untuk membuat lingkungan kerja menjadi nyaman dan juga menyenangkan, kondisi tempat kerja yang baik akan bisa meningkatkan semangat kerja.

Sebagian karyawan terlalu menjaga bahasa dalam berkomunikasi agar kelihatan lebih profesional, yang tujuannya menurutnya adalah untuk menampilkan kewibawaan pada diri.

Namun, kondisi ini menjadi salah satu penyebab kekurangnyaman di lingkungan kerja, karena satu sama lain terlalu menjaga kewibawaan dalam berkomunikasi.

Hendaknya dalam berkomuninasi menggunakan bahasa yang ringan saja, yaitu berkomunikasi dengan rekan kerja menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal.

Tentunya hal ini ditunjukan kepada rekan kerja yang jabatannya setara, serta sedikit disesuaikan dengan formalitas tempat bekerja. Dengan menggunakan bahasa yang tidak kaku, maka bisa membantu untuk membuat tempat kerja lebih nyaman.

Agar diri Anda bisa lebih nyaman di tempat kerja, maka biasakan untuk memperlakukan setiap orang dengan rasa hormat, dimana setiap orang yang bekerja bersama Anda berhak untuk memperoleh rasa hormat, termasuk ketika terjadi perbedaan pendapat.

Dengan rasa hormat dan menghargai ini, maka nantinya bisa terus berkembang menjadi hal yang positif, berupa rasa saling percaya antar sesama karyawan, hal ini akan membuat suasana kerja menjadi nyaman, sehingga membuat Anda bisa selalu semangat dalam bekerja.

5. Usahakan Bergaul dengan Orang atau Rekan Kerja yang Suka Bekerja Keras
Anda perlu berhati-hati dengan rekan kerja yang sering mengeluh dan permalas, karena sifat-sifat buruknya bisa saja menular pada diri Anda, sehingga hati-hati dalam memilih teman dekat.

Usahakan berkumpul dengan rekan kerja yang suka bekerja keras dan memiliki semagat tinggi, hal positif ini nantinya bisa mempengaruhi diri Anda.


6. Biasakan Jiwa Untuk Berpikir Positif
Usahakan untuk selalu berpikir dan bersikap positif dalam bekerja. Jangan rendah diri ketika melihat pegawai lain sukses, akan tetapi justru jadikan kesuksesan orang lain tesebut sebagai cambuk agar Anda lebih bersemangat dalam bekerja.

Berpikir positif sangat penting, sehingga jangan memikirkan hal-hal yang kurang penting bahkan hal yang bersikap negatif, sikapi segala hal dengan baik dan positif.

Hindari dari berlama-lama berkeluh kesah, mengisolasi diri, dan hal-hal lainnya yang membuat semangat kerja Anda meredup.

Apapun keadaannya dan bagaimanapun situasinya, sebenarnya ada saja jalan keluar untuk mengatasi masalah, hanya saja umumnya orang sangat lemah dalam berusaha, termasuk malas berpikir dan bekerja. Oleh karena itu, hindari menajdi orang yang suka larut dalam perasaan dan emosi.

Orang yang terbiasa pikirannya diisi dengan hal-hal positif, umumnya akan memiliki semangat kerja yang tinggi. Bahkan jika muncul hambatan, justru semangatnya menjadi lebih tinggi.

Hal ini berbeda dengan sebagian orang yang baru menemui gangguan sedikit saja, tetapi sudah patah semangat.

7. Permudah Pekerjaan Anda
Kondisikan agar pekerjaan sesulit apapun namun dirasakan mudah untuk dikerjakan. Dimana seringkali ketika melihat suatu tugas atau pekerjaan yang berat menyebabkan down dan semangat memudar.

Anda perlu mengkondisikan agar pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dikerjakan. Seperti dengan membagi tugas besar tersebut menjadi ke dalam bagian tugas-tugas kecil, sehingga nantinya bisa terasa lebih ringan dikerjakan, dan Anda tidak lagi down ketika menghadapi tugas besar dan sulit.

Anda perlu berpikir untuk mengkondisikan pekerjaan Anda menjadi lebih baik dan juga nyaman, yang intinya bisa membuat semangat kerja Anda selalu tinggi dalam bekerja. Semangat kerja yang tinggi akan menghasilkan kualitas dan prduktifitas kerja yang tinggi juga.

8. Miliki Motivasi Dan Prinsip Kokoh 
Masukan ke dalam pikiran Anda bahwa kerja bukanlah beban, jadikan kerja sebagai hobi yang menyenangkan. Sehingga maksudnya adalah cintai pekerjaan yang anda tekuni, jangan dijadikan beban. Sehingga nantinya Anda akan menjalani pekerjaan dengan semangat.

Miliki juga motivasi dalam bekerja, misalnya Anda ingin membeli produk laptop, maka Anda akan memulai untuk menyisihkan gaji setiap bulang untuk membeli laptop.

Hal ini akan membuat Anda menjadi bersemangat dalam bekerja, karena memiliki tujuan yang sangat jelas. Dalam bekerja, milikilah rencana dan tujuan yang jelas, yang dengan begitu motivasi kerja bisa muncul.

9. Sisihkan Waktu Untuk Hiburan
Kejenuhan bisa dihilangkan dengan beristirahat dan melakukan aktivitas yang menghibur. Di kantor biasanya terdapat jatah cuti dalam setiap tahunnya, maka manfaatkan jatah cuti Anda tersebut untuk merefeshing pikiran. Yang nantinya semangat kerja akan kembali muncul.

10. Hindari Mengeluh
Perlu diwaspadai karena sifat suka mengeluh ini bisa menular, sehingga hal ini bisa menyebabkan kondisi pekerjaan di kantor akam semakin buruk.

Apabila Anda tidak mampu mengungkapkan pernyataan yang konstruktif tentang suatu permasalah kerja, maka lebih baik diam.

Hindari perasaan mengeluh ini karena hasilnya hanya membuat keadaan seseorang menjadi lebih terpuruk. Mengeluh inilah yang akhirnya membuat semangat kerja menjadi drop.

Yang perlu dilakukan hendaknya membiasakan diri untuk memasang wajah yang cerah dan penuh senyum ketika menghapi berbagai tantangan pekerjaan.

Selain itu hiasi diri dengan penuh rasa optimisme. Hal ini nantinya bisa bermanfaat untuk karir dan reputasi pekerjaan Anda agar meningkat.


11. Lakukan Hal Apapun yang Bia Membuat Anda Bersemangat
Ketika Anda mulai merasakan lelah dan pikiran yang jenuh di kantor, maka Anda bisa melakukan sesuatu yang nantinya bisa membuat Anda merasa senang. Hal seperti ini tampaknya harus dilakukan berulangkali setiap rasa jenuh muncul, sehingga nantinya Anda bisa terus selalu bersemangat bekerja.

12. Kunjungi Tempat Yang Bisa Membuat Anda Tenang
Begitu banyak tempat yang dapat Anda kunjungi ketika jiwa sudah merasa jenuh, sehingga nantinya anda bisa kembeli fit, pikiran fresh dan semangat Anda tinggi kembali.

Disarankan agar Anda menyempatkan waktu pergi ke tempat yang hijau, seperti di desa, pegunungan, taman kota dan berbagai tempat hijau lainnya.

Atau Anda juga bisa melakukan olahraga di tempat terbuka yang memiliki susana tenang, sehingga nantinya membuat diri Anda bisa berolahraga dengan nyaman, semangat kerja pun kembali tumbuh.

13. Berkumpul Bersama Orang-orang Menyenangkan di Kantor
Ketika Anda dalam kondisi jenuh dan tidak bersemangat, maka cobalah untuk bergabung dengan orang-orang yang ramah dan bisa menghibur Anda di kantor. Dengan begitu, Anda bisa lebih santai saat bersama mereka, Anda pun bisa merasa lebih baik sehingga nantinya semangat kerja dihadapkan bisa muncul kembali.

14. Jaga Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja
Menjaga lingkungan kerja agar kondisinya harmonis dan kondusif, hal ini sangat penting agar menjadikan Anda nyaman dalam bekerja, serta bisa lebih bersemangat.

Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Selain itu, hindari terlalu memaksakan kehendak diri sendiri, sangat penting untuk menghargai semua orang yang ada di sekitar Anda.

15. Pikirkan Hal Menyenangkan dari Pekerjaan Anda
Ingat-ingat kembali hal-hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menjalani pekerjaan ini. Sehingga hal ini bisa menjadi motivasi agar bisa kembali bersemangat dalam bekerja. Walaupun pekerjaan Anda mungkin menjenuhkan, namun tentu ada beberapa hal yang menyenangkan di dalamnya. Intinya, usahakan untuk mencari cara agar Anda bisa menjalani pekerjaan dengan senang dan bahagia.

16. Contoh Rekan Kerja Anda yang Sangat Mencintai Pekerjaannya
Di antara rekan kerja Anda, dekati orang-orang yang terlihat sangat mencintai pekerjaan dan tetap bersemangat, memperhatikan dan berusaha mencontoh bisa memberikan efek semangat bagi diri Anda. Anda perlu memperhatikan cara mereka dalam mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat.

Sehingga manfaatkan keberadaan orang-oang rajin di sekitar Anda tersebut sebagai inspirasi dan penambah motivasi bagi diri Anda.

17. Rencanakan Masa Depan Anda
Ketika megalami saat-saat yang menjenuhkan, maka daripada bengong, cobalah menata kembali rencana masa depan Anda. Dengan memiliki rencana masa depan seperti ini, bisa menjadi penambah motivasi bagi diri Anda dalam bekerja.

18. Beri Waktu Bagi Diri Anda Untuk Rileks
Ketika kondisi pikiran sangat mumet atau jenuh, maka cobalah mengambil waktu istirahat agar membuat Anda bisa menjadi rileks. Hal ini penting agar bisa mengembalikan kondisi pikiran agar fresh, serta juga memunculkan kembali rasa semangat di dalam diri.

19. Berolahraga di Pagi Hari atau Setelah Pulang dari Kantor
Mangaat berolahraga selain sehat bagi tubuh, juga bermanfaat untuk menstabilkan emosi jiwa. Olahraga bisa bermanfaat untuk menghiangkan stres dan pikiran yang penat. Rutin berolahraga juga  membuat Anda bisa selalu bersemangat dalam bekerja.

20. Hindari Menjadi Orang yang Terlalu Takut salah
Perasaan takut salah atau takut gagal sehingga tidak berani untuk mencoba, merupakan hal buruk. Rasa takut seperti ini akan membunuh fighting spirit kita, sehingga semangat pun menjadi lemah karenanya. Hendaknya Anda memupuk jiwa yang berani, yang bisa membuat Anda menjadi sosok yang bersemangat.

21. Bangun Lebih Pagi
Sebagian orang sangat suka bangun lebih pagi yaitu waktu subuh, hal ini bagus sekali. Akan tetapi pada sebagian orang lainnya mengalami kesulitan bangun pagi. Dengan tidur lebih awal maka berguna agar Anda bisa bangun lebih pagi.

Bangun pagi sangat bermanfaat, yaitu membuat tubuh sehat, bergairah, semangat, pikiran fresh, mendapatkan udara segar, dan mencegah Anda berangkat kerja terburu-buru karena telat. Berangkat berburu-buru bisa menyebabkan bad mood, yang bisa menghancurkan semangat kerja Anda.

22. Lakukan Hobi-hobi Anda
Dengan memiliki hobi, nantinya bisa Anda salurkan ketika muncul rasa jenuh karena pekerjaan yang menumpuk. Lakukanlah hobi yang anda sukai, seperti travelling, memasak, membaca, dan banyak lainnya. Setelah melakukan hobi yang Anda sukai, maka biasanya bisa menumbuhkan kembali rasa semangat.

23. Pastikan Kecukupan dan Kualitas Tidur Terpenuhi
Pastikan tidur yang cukup dan berkualitas, hendakyna tidur tidak kurang dari enam jam, sehingga anda terhindar dari kelelahan yang mengakibatkan semangat kerja hilang.

Kurang tidur pada malam hari mengakibatkan Anda di keesokan harinya akan sangat merasakan kelelahan dan juga tidak bersemangat.

 Selain itu, untuk memperoleh tidur yang berkualitas maka pastikan Anda tidur dalam kondisi gelap gulita, matikan lampu di dalam rungan kamar tidur Anda.

24. Biasakan Sarapan Pagi
Usahakan agar sebelum berangkat bekerja untuk melakukan sarapan, disinilah pentingnya bagun lebih pagi, agar Anda bisa sarapan dengan tenang, dan juga berangkat denga tenang.

Manfaat sarapan ini agar Anda bisa memiliki energi melimpah dan semangat tinggi dalam menjalani aktivitas atau pekerjaan.

25. Cintai Pekerjaan Anda
Ini harus Anda ingat selalu, bahwa dengan mencintai pekerjaan Anda sendiri maka Anda bisa menikmati saat-saat Anda bekerja, janganlah Anda membenci pekerjaan Anda sendiri.

Jadikan diri Anda dalam melakukan pekerjaan dengan senang hati. Menikmati pekerjaan yang dijalani akan membuat timbulnya semangat bekerja.

26. Ketahui Hal yang Membuat Anda Bosan
Anda bisa membuat daftar tentang apa saja yang menyebabkan Anda menjadi bosan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dibalik timbulnya rasa bosan dan tidak semangat.

Catat berbagai hal yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman dan bosan saat bekerja, sehingga nantinya Anda tinggal mencari cara untuk mengatasinya.

27. Bertanyalah Pada Senior Anda
Di tempat bekerja tentunya Anda mempunyai seorang senior yang telah lebih dulu bekerja dan memiliki pengalaman bekerja yang lebih banyak. Cobalah bertanya pada dirinya, bagaimana ia bisa mengatasi masalah yang sama dengan yang Anda alami.

28. Renungkan!! Kalau Tak Bekerja, Mau Ngapain?
Tentunya bekerja sangat penting, selain untuk memperoleh penghasilan juga agar Anda bisa mengisi waktu Anda. Tentunya kita akan bingung sendiri jika tidak bekerja, apakah hanya bengong saja di depan TV terus-terusan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »