Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini

Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini, artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel random thoughts, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini
link : Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini

Baca juga


Sebagai Anak Generasi 90an, Kurindu Ini


Belakangan ini saya kangen sama masa kecil. Kayaknya itu diawali sama keletihan lihat media sosial yang banyak berita panasnya. Yang lagi hot tentang aksi ingin boikot Film Naura & Genk Juara yang menurut saya SANGAT amat berlebihan itu. Kenapa semuanya sekarang dikait-kaitin sama agama sih. Capek.


Lanjutan dari capek sama media sosial, saya jadi nostalgia zaman kecil dulu yang nggak ada medsos, nggak gampang ribut, dan nggak gampang kepancing sama isu-isu SARA. And next malah jadi ngelist di otak, apa aja sih yang saya kangenin dari masa kecil. Lahirlah postingan ini deh.


Ini teronggok sebagai draft mayan lama, makanya openingnya film Naura. LOL.

Sebagai anak generasi 90-an, saya kangen banget sama hal-hal berikut ini:

1) Wartel

Sekarang kangen gebetan tinggal stalk media sosial atau video call dengan gampang yah. Dulu ngumpulin koin dulu buat bekal ke wartel. Udah diangkat nih telpon nya, eh malah saya tutup dong karena nggak kuku denger suara gebetan. Mental belum siap alias cemen, tapi pengin denger suaranya. Wkwkwk so alay.

Perjuangannya kalau punya gebetan yang di luar kota jadi harus interlokal yang lebih boros. Bener-bener ngais-ngais cari koin receh di kantong celana, kantong tas, dll. Kalo nemu, alhamdulillah berasa nemu harta karun. Tapi tetep, di bilik wartel nggak fokus sih, soalnya sambil mantengin argo telepon. Perjuangan menjemput cinta monyet.


Yang bikin kangen dari wartel itu ... BAU NYA. Gagang telepon biasanya rada bau bau yang khas gitu kan, ya nggak? Nah itu dia yang bikin kangen. 

Sekarang semua orang punya smart phone, wartel udah tergusur banget, so bye wartel, thanks for the good memories yah.


2) Es Serut

Ngalamin nggak di depan SD ada abang-abang yang jual es serut dikasih sirup berlimpah ruah? Ada sirup yang warna merah, ijo, dan kuning. Tergantung kita mau request warna apa. 

Rasanya? Biasa banget sebenernya. Cuman adem dan manis yang berlebihan banget. Tapi kangen euy. Sekarang di depan SD-SD kalau saya perhatiin, jajanannya paling macam sosis, tempura, nugget, cilok, cireng, cimol, batagor, dan sebangsanya. 

Sekalinya liat es serut lagi di pasar malam. Harganya 15 ribu. Bentuknya udah more sophisticated. Ada astor, choco chips, oreo nya segala. Demi rindu, saya beli deh. Ternyata abis itu rada nyesel buang 15 ribu untuk adem-adem yang manisnya kebangetan lalu gigi saya rada ngilu. 


Faktor U ya sis.


3) Kaset Tape

Dulu pengin denger lagu mah artinya ngumpulin duit untuk beli kasetnya. Nggak segampang sekarang tinggal search di YouTube atau download di iTunes. Bener-bener saya nabung. Kaset-kaset yang pernah saya beli ya of course yang hits di zaman saya lah. Sebut aja Westlife (saya paling suka Mark btw), AQUA (lagu legendarisnya yang Barbie Doll), Meteor Garden, Putri Huan Zhu, Kabut Cinta, dan drama-drama Cina gitu deh.


Btw dulu yang marak itu drama Cina sama telenovela Marimar, Maria Mercedes, Maria Bellen, Dulce Maria, dan maria-maria lainnya lol. Drama Korea masih berupa sesuatu yang sangat asing.

Punya kaset baru itu berarti ada kesibukan baru, karena abis itu saya jadi sibuk ngapalin liriknya biar bisa sing along. Kalau di kemasan kaset itu pasti ada liriknya. Seru banget abis pulang sekolah, mendekam di kamar, ngapalin lirik.

Baca: Koleksi Gesi dari Masa ke Masa

Apa itu masalah kehidupan?


4) Sinetron ringan

Jin dan Jun, Jinny Oh Jinny, Kanan Kiri Oke, Panji Manusia Millenium, Bidadari, Boneka Poppy, Saras 008, Anak Ajaib, Mister Hologram, Tuyul dan Mbakyul, ya gitu-gitu lah.


Kangen bok liat sinetron ringan yang kaya gitu. Soalnya sekarang sinetron kalau nggak cinta-cinta ya serius kayak tentang agama. Kurindu tertawa bodoh. Dan kurindu liat sinetron yang nggak dikit-dikit dikasih blur sensor ah.


5) Nyek-nyekan Nama Orangtua

INI NIH, INI!

Yang bikin seru masa-masa SD. Hahaha. Paling deg-deg an kalau misal ada temen yang tahu nama orangtua karena abis itu biasanya jadi bahan nyek-nyekan. 


Saya kena banget tuh, terutama nama Papa saya. Tahu nggak dulu ada lagu kaya begini:

Mamaku Putri Diana
Papaku Pangeran Charles
Nenekku Ratu Elizabet
Kakekku Bambang Gentolet

Nah, nama Papa saya itu Bambang. Jadi mereka suka ngenyek saya pakai lagu itu hhh.


Mungkin nyek-nyekan nama orangtua ini jadi pembelajaran untuk sebagian anak. Lalu akhirnya, temen-temen saya jadi kreatif saat nyebut nama Papa mereka. Aslinya Jono, mereka ngakunya John atau Jo. 

Leh uga.

Nyek-nyekan nama ortu begini masih dilakukan nggak sih sama anak-anak sekarang? Serius nih nanya.


6) Permainan tradisional

Bener nggak yah saya nyebutnya. Pokoknya yang saya maksud itu adalah mainan-mainan macam engklek, dakon, gobag sodor, betengan, slekdor (ular naga gitu lah), etc yang intinya main beneran, dan main sama-sama.

Dulu zaman saya kecil, kalau main sama temen ya mainnya ini. Asik aja. Lari-larian (kecuali dakon), keringetan (sekalian olahraga ya), jejeritan heboh bareng, sampai main kesorean yang harus dipanggil pulang buat mandi sore lol.


Zaman adik saya (saya dan adik beda 12 tahun btw), saya lihat udah mulai beda. Temen-temen adik saya tuh kalo main ke rumah kami, mainnya adalah game di komputer. Model game taktik-taktik an atau tembak-tembak an.

Baca: Diari Papi Ubii #2 - Is Video Gaming Really That Dangerous?

I'm not saying that games begitu tuh jelek, nggak juga. Cuman saya kangen aja sama permainan tradisional yang dulu sering dilakukan.

Dan dulu banyak banget permainan dengan lagu yang entah dari mana liriknya dan siapa yang nyiptain. Kayak yang satu ini permainan saya banget:

Sakura di rumah ada pesta
Pestanya Mbak/Mas ... (sebut nama anak yang di tengah)
Mbak/Mas ... minta apa?!


Misal dia minta kursi, lalu kami menekuk-nekuk tubuh kami biar jadi kursi. Terus dia ngedudukin kami. Seru banget loh.

Entah mengapa Sakura. Mungkin penciptanya orang Jepang? #halah

Ada satu lagi yang bener-bener masih saya apal liriknya:

Mi mi mi
Mi atas, mi bawah
Mi depan, mi belakang
Mi satu dua tiga
Mi tiga dua satu
Mi gulung gulung gulung (2x)

Mama pergi Papa pergi
Ambil tali, gantung diri (wtf right)
Ada tikus
Tikusnya empat
Ada bunga
Ada pocong, berbaju putih

Putih putih melati Alibaba
Merah merah delima Pinokio
Siapa yang baik hati Cinderella
Tentu disayang Mama

Ada yang tahu lagu dolanan itu nggak? Hahaha.

Ini cuman nyanyian dengan gerakan gitu. Tapi seru aja. Dan saya masih inget sampai sekarang gerakannya. Bakal saya ajarin ke Aiden deh kayaknya. Tapi lirik ambil tali gantung diri mungkin bakal saya revisi wtf.

Wow baru sampai 6 aja udah panjang, jadi saya sudahi aja deh hahaha. Kamu dong tambahin yaahh di komentar, kalau kamu kangen apa aja dari zaman dulu as generasi 90an?

Ayo ayo ceritain kamu kangen apa, mwah!

Have a nice Tuesday!




Love,







Images sources:
www[dot]inovasee.com/wp-content/uploads/2017/09/meme-wartel.jpg
www[dot]hipwee.com/wp-content/uploads/2015/03/il_fullxfull.350978996-750x614.jpg
cdn[dot]yukepo.com/content-images/listicle-images/2016/09/01/6669.jpg

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »