Kantong Orang dan Kantong Kita

Kantong Orang dan Kantong Kita - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul Kantong Orang dan Kantong Kita, artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel random thoughts, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : Kantong Orang dan Kantong Kita
link : Kantong Orang dan Kantong Kita

Baca juga


Kantong Orang dan Kantong Kita


Salah satu efek malesin dari Instagram adalah kita jadi gampang suudzon ketika lihat orang lain beli, makan, atau pakai sesuatu dan menuduh itu hanya demi bisa pamer feed Instagram. Padahal mana tahu kalau mereka bener-bener ingin beli aja?


Misal fenomena artis buka toko oleh-oleh. Biasanya di grand opening, antrian mengular bahkan ada yang sampai nginep. And then we be like, "Kalo aku sih ogah antre jam-jam an cuman buat upload nih aku udah ngicip kue nya ertong A!" 

Saya juga orangnya akan ogah sih antre berjam-jam 'hanya' untuk makanan di hari pertama tokonya buka. Tapi, nggak jadi suudzon juga deh, pukul rata kalau SEMUA yang rela antre itu pasti HANYA demi pamer foto kue di Instagram.

Perkara judgmental macam ini juga banyak kejadian saat kita memandang pemakai barang-barang branded di Instagram yang harganya mahal.

"Kok dia boros banget ya, beli tas aja harus yang mahal, segitunya ya pengin eksis."
"Ya ampun, dia kalo beli mainan buat anaknya harus di toko mainan dalem mall loh. Aku mah cukup dengan di pasar."
"Beruntungnya suamiku yang istrinya cuman pake jarik. Kalo ibu-ibu jaman now sih pada penginnya pake baby carrier impor yang jutaan, jadi suaminya pasti harus kerja lebih keras lagi."
"Ga sayang uang amat sih kamu, beli skinker SK-II, padahal Garnier aja udah bagus tauk!"

... and so many more ...

Baca: Mompetition


Ah, nggak semua orang yang beli barang branded itu udah pasti boros, hanya demi eksis, cuman demi nggak ketinggalan, atau nggak sayang uang kok.

Lha kalo emang mampu beli barang branded?

Lha kalo gaya hidupnya memang seperti itu karena mereka memang berada?

Hanya karena kita pakai Garnier, bukan berarti kita lebih pintar mengelola jatah bulanan dari suami daripada ibu-ibu yang belinya SK-II. Jatah bulanan mereka dari suami juga lebih banyak kali?

Baca: Ngomongin Make Up, Yuk!

Hanya karena kita pakai jarik, bukan berarti kita selalu lebih irit dan sederhana dibanding ibu-ibu yang pakai Ergo dan kawan-kawannya.

Ada lho orang-orang yang emang terlahir di keluarga berada banget dan dikelilingi oleh saudara-saudara dan temen-temen yang juga berada banget. Otomatis ya dari kecil emang udah terbiasa pakai barang branded. Buat mereka, barang branded bukan pemborosan. It's just a part of them. Dan definisi boros mereka sama kita yang kelas menengah juga kan pasti beda.


Bukan semata-mata preference mereka ke barang branded itu berhubungan dengan uang. Bisa juga karena taste mereka juga udah terbentuk dari kecil. Jadi taste mereka ya emang hanya bisa terpuaskan dengan kualitas dan desain barang-barang branded. Mata mereka udah jeli untuk menilai estetika dari barang branded yang nggak mereka temukan di barang yang nggak bermerk.



Saya pun baru menyadari bahwa gaya hidup seseorang yang lebih mewah dari saya, bukan selalu karena dia boros. Tapi, ya karena level ekonomi nya beda aja. Jadi saya menganggap dia boros, padahal buat dia itu biasa.

Baca: Living Cost Vs Lifestyle Cost

Keluarga saya adalah keluarga yang sederhana. Keluarga Adit jauh lebih berkecukupan dibandingkan keluarga saya. Ternyata itu tercermin dari kebiasaan-kebiasaan saya dan Adit, yang awalnya bikin saya kaget terus bikin kami berantem.

Misal, perkara beli bakso. Di rumah saya dulu, kami cukup beli bakso 2 porsi untuk dimakan 4 orang, misalnya. Jadi 2 bakso disatuin dalam satu panci, dan kami makannya pakai nasi. No problem, tetep makan bakso, dan kami kenyang. Itu cukup buat kami.

Abis nikah sama Adit, niat saya beli bakso seporsi doang aja buat berdua, lalu makan pakai nasi. Seperti cara saya makan bakso dengan keluarga saya dulu. Ternyata Adit nggak bisa kayak gitu. Dia makan bakso nggak bisa pakai nasi. Harus beli porsi masing-masing. Kalau ternyata dia belum kenyang, maka dia akan beli seporsi lagi buat dia.

Dulu itu bikin kami berantem loh. Buat saya, Adit kok boros banget sih gila. Tapi buat Adit, di mana letak pemborosannya? Itu adalah caranya makan bakso seumur hidupnya sebelum dia nikah sama saya. Dia nggak terima dibilang boros untuk bakso.


(((BAKSO AJA DIBERANTEMIN)))

Contoh lain beli pakaian. Dulu sebelum nikah, biasanya Adit beli di Planet Surf, Oakley, dan kawan-kawannya. Sementara saya, beli di Ramayana atau di toko baju pinggir jalan aja jadi. Waktu udah nikah, jir saya kaget waktu Adit bilang mau beli celana harga sekian. Harga sekian itu kalau buat saya bisa kali dapet beberapa potong celana, mungkin plus kaos deh. Prinsip saya adalah mending dapet banyak walau entah awet atau nggak kalau untuk urusan baju lol.

Kemudian berantem, HAHAHAHAHA.

Baca: Berantem Karena Capek

Awal-awal nikah, kalau saya ajak Adit liat-liat pakaian di FO (Factory Outlet), dia cuman diem. Nganterin doang, tapi nggak ikut liat-liat. Padahal maksud saya ke FO itu biar kami berdua liat-liat, kan ada baju perempuan dan laki-laki, lengkap.

Di mindset Adit saat itu, pakaian bagus ya cuman ada di store-store yang ada di mall. Nggak tahu dia kalau barang FO itu juga oks modelnya. Akhirnya, saya gandeng ke bagian laki-laki. Saya ubek-ubek cari jogger pants. Eh ada loh yang bagus. Yaudah saya beli, biar Adit tahu bahwa nggak selamanya pakaian nggak branded itu pasti jelek. Abis itu dia pake, suka juga kan ternyata.

Terus sekarang Adit udah yang bangga pamer waktu dia dapet kaos 15.000 di PRJ. Ha!

Gesi : Adit = 1 : 0


Waktu Adit masih pakai yang serba branded, apakah itu untuk gaya-gayaan belaka? Ah, nggak sama sekali. Wong Adit selalu pilih yang logo merk nya mini. Dia malah ogah kalau pakai kaos yang logo brand nya segede gaban di dada. Malah sering nggak keliatan kalau Adit yang pakai barang branded sih, lol.

Contoh terakhir, parfum. Dulu zaman saya kuliah, parfum yang saya pakai itu parfum refill-refill an beli di kios-kios kecil pinggir jalan. Wangi nya dibuat menyerupai parfum yang original dan branded. Tapi kita tahu lah kalau parfum refill begitu tuh KW.

Dulu abis nikah, Adit bilang parfumnya abis mau beli. Ternyata parfumnya beli di The Body Shop. Believe it or not, saya menginjakkan kaki perdana di gerai The Body Shop itu abis nikah sama Adit. Dan ya nggeblak lah liat harganya. Lagi-lagi saya mikir kenapa Adit 'buang-buang duit' banget.

Baca: Ketika Bokek Melanda Hidupku

Untuk yang satu ini, Adit menolak keras. Ternyata dia punya alasan yang cukup idealis, karena dia ingin menghargai karya orang. Jadi ogah beli KW. Kami arguing, sampai akhirnya Adit punya senjata pamungkas, "Mi, cobain dulu biar kamu tahu bedanya. Aku jamin parfum TBS lebih awet daripada parfum refill kamu dan wanginya lebih soft."

Maka oke saya pun coba dan ya memang sih. Ternyata parfum yang punya merk lebih awet, kalau ini saya nggak bisa tampik. Untuk orang yang keteknya gampang keringetan kayak saya, ya pilih parfum yang awet walau lebih mahal jadi masuk akal.


Jadi, alasan pilih barang lebih mahal bisa juga karena alasan lebih awet atau menghargai karya orang.

Gesi : Adit = 1 : 1



Setelah ngalamin ada kebiasaan-kebiasaan yang beda dari Adit (plus dari lihat temen-temen dari aneka lingkaran sih), pelan-pelan baru saya nyadar.

💞 Ternyata pakai barang branded belum tentu demi pencitraan dan eksis. Bisa jadi karena seumur hidupnya emang kenalnya barang bermerek.

💞 Bisa jadi karena emang mau cari kualitas karena untuk beberapa hal, barang branded itu lebih awet. Contoh yang saya rasakan sendiri adalah puzzle. Keluaran ELC jauh lebih awet dan lebih aman daripada puzzle lokal.

Baca: Cool Parenting Nggak Harus Mahal Kok

💞 Definisi boros saya itu ternyata nggak bisa saya apply untuk menilai orang lain. Beda level ekonomi, tentu beda juga definisi boros nya, kan.

💞 Beli barang branded ya sah-sah aja dan bukan pemborosan kalau emang mampu, atau kalau kita membulatkan tekad untuk menabung. Yang penting nggak ngutil pos-pos budget kebutuhan pokok.

Baca: Tips Menabung Ala Gesi


Dan yang terpenting adalah mengenali dan embrace kemampuan finansial kita masing-masing. Tidak perlu merasa harus beli barang mahal kalau tujuannya hanya untuk saing-saingan. Baju nggak branded bukan berarti nggak bisa keliatan bersinar. Yang penting bajunya disetrika, nggak kucel. Kita wangi dan banyak senyum. Senyum nya senyum Pepsodent. Wkwk.

Mainan anak nggak branded juga nggak masalah. Toh emangnya anak liat merk? Kan nggak. Mereka nggak peduli kok mau mainannya mahal atau nggak.

Baca: Cool Parenting Nggak Harus Mahal Kok

Menerima kemampuan finansial ini akan bikin kita wolesan. Woles nggak gampang kena peer-pressure dan mensyukuri apa yang kita punya. Woles juga saat lihat temen yang dari atas sampai bawah pakai barang branded dan nggak kepengin nyinyirin "Kok dia boros lalalala."


Aduh udah panjang aja. Ya itulah ya intinya. Semoga bisa menjadi ajakan untuk mengurangi julid jugmental pada seseorang yang pakainya barang branded heheh.

Sampai berjumpa di tulisan saya selanjutnya dadah babai mwah!





Love,






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »