Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus?

Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus? - Hallo Pengunjung DROIDBREAK, Anda membaca artikel dengan judul Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus?, artikel ini kami sediakan dengan baik untuk dibaca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Asus, Artikel asus zenfone 2, Artikel cm12, Artikel cyanogenmod, Artikel intel z3580, Artikel mi4, Artikel mi4 vs oneplus one, Artikel moorefield, Artikel OnePlus, Artikel oneplus one, Artikel Xiaomi, Artikel zenfone 2, Artikel zenfone 2 vs mi4, Artikel zenfone 2 vs oneplus, yang kami tulis ini dapat menambah ilmu anda. selamat membaca.

Judul : Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus?
link : Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus?

Baca juga


Akankah Peluncuran Asus Zenfone 2 Membawa Asus Melampaui Xiaomi Mi4 dan OnePlus?

Tahun yang lalu, dunia gadget dikejutkan dengan kehadiran pendatang baru yang mendulang kesuksesan berkat penjualannya yang mengesankan hanya dalam waktu singkat. Dua dari suksesor itu adalah Xiaomi dan OnePlus One. Keduanya telah masuk ke Indonesia meskipun mengarah pada segmen yang berbeda. Ditilik dari banyaknya smartphone yang terjual, keduanya memang berbeda. Ini mungkin karena berbedanya target pasar yang dibidik. Xiaomi lebih menyasar pengguna pemula dengan budget yang terbatas, sementara OnePlus One lebih menyasar pada konsumen di segmen menengah. Tetapi keduanya memiliki karakteristik yang sama: menawarkan hardware dengan spesifikasi high-end dan mengemasnya dalam sebuah smartphone dengan budget menengah ke bawah.

Baca juga : Review Mini Lenovo A6000

Xiaomi lebih sukses dalam penjualannya karena dia membawa smartphone versi termurahnya ke Indonesia. Ceritanya mungkin akan lain bila Xiaomi mengawalinya dengan Mi4 yang harganya sudah masuk ke kelas menengah. Sementara OnePlus tidak punya pilihan lain karena mereka memang hanya bermain di kelas menengah. Tetapi sekali lagi keduanya berkarakteristik sama; menawarkan smartphone dengan spesifikasi hardware yang berada di atas harganya.

Sebenarnya bukan hanya produsen baru yang menerapkan strategi semacam ini. Asus telah memulainya dengan meluncurkan keluarga Zenfone, mulai dari Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6. Dan tahun ini, Asus telah berencana naik ke level yang lebih tinggi lagi dengan menghadirkan Asus Zenfone 2. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Mi4 dan OnePlus One dan siap bertarung di segmen ini. Tetapi bila disandingkan di atas kertas, Asus Zenfone 2 sepertinya akan memenangkan pertarungan.
Dari sisi kinerja hardware, tentu pertama kali kita akan menengok pada prosesor yang digunakan. Kesemua device membekali smartphone mereka dengan prosesor yang mumpuni. Bedanya, Asus Zenfone 2 menggunakan Intel sementara kedua rivalnya, Mi4 dan OnePlus menggunakan Qualcomm. Bukan bermaksud mengunggulkan siapa dari siapa, karena kita harus mengingat bahwa kedua jenis prosesor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Zenfone 2 menggunakan Intel Moorefield Z3580 SoC sementara Mi4 dan Oneplus menggunakan Qualcomm Snapdragon 801 SoC yang sama-sama prosesor berarsitektur 64-bit.

Bagaimanapun juga, perbandingan juga telah dilakukan terhadap keduanya dan didapatkan hasil skor 3DMark dan GFXBench menujukkan bahwa Intel Z3580 menawarkan performa grafik yang lebih baik dari Snapdragon 801. Lebih lanjut, hasil komparasi menunjukkan Moorefield menawarkan performa CPU yang lebih baik.

Selanjutnya, dari segi RAM, telah jelas terlihat bahw Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GB-nya menawarkan RAM yang lebih banyak dari Mi4 dan OnePlus One yang sama-sama memiliki RAM 3GB. Meskipun saat ini kita masih bingung untuk apa RAM sebanyak itu, tetapi hal ini berarti menunjukkan bahwa smartphone ini telah disiapkan untuk kondisi di masa depan.
Mi4 dan OnePlus One sama-sama hanya support single SIM dan support 4G. Asus Zenfone 2 support dual sim dan support 4G. Ini menjadi keuntungan Zenfone 2 dibanding kedua device lainnya.

Baca juga: Asus Zenfone 2 Dijual 2,5juta
Dari sisi Operating system, ketiga device menggunakan Android di system operasinya. OnePlusOne menawarkan CyanogenMod yang berdasarkan Android Kitkat, sementara Mi4 menggunakan Android Kitkat yang dibalut dengan MIUI. Secara default, Asus Zenfone 2 lebih unggul karena sudah menggunakan Android versi terbaru 5.0 Lollipop. Namun perlu dicatat bahwa Operating sytem tetap akan bisa mengalami pembaharuan di masa mendatang. Sayangnya, Xiaomi masih belum menjanjikan update Lollipo ke Mi4 sementara OnePlus One melalui CyanogenMod telah menjanjikan update CM12 yang berdasarkan pada Android Lollipop.

Tetapi bagaimanapun juga, Mi4 dan OnePlus One boleh dibilang smartphone lawas yang telah diluncurkan tahun lalu sementara Zenfone 2 baru saja meluncur di beberapa negara. Di Indonesia sendiri, peluncurannya dijanjikan baru pada 21 April nanti. Mungkin saja, setelah peluncuran Asus Zenfone 2, Xiaomi dan OnePlus akan kembali melakukan gebrakan dengan device yang lebih powerful lagi sehingga persaingan akan semakin ketat. Kita tunggu saja… (RG-2015)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »